Sabtu, 25 Agustus 2012

VARIABLE DAN JENIS-JENISNYA

Variable bisa diartikan karateristik atau properties dari suatu kejadian, obyek, atau manusia yang nilainya bisa bervariasi.

Jenis-jenis variabel:
* Independent variable –> Dependent variable
Independent variable intinya variable yang kita ubah-ubah/kita modifikasi…untuk melihat pengaruhnya terhadap variable lain yang kita sebut Dependent Variable.
Jadi Dependent Variable adalah variable yang kita amati/ukur perubahannya.

* Quantitative variable: jika nilai variable bisa dinyatakan dengan ANGKA, contoh: nilai mahasiswa, umur, kepuasan konsumen (skala 1-7)
Qualitative variable atau disebut juga Categorical data : jika nilai variable TIDAK dinyatakan dengan ANGKA, contoh: warna rambut, jenis kelamin (pria/wanita)
* Discrete: variable/data quantitative tetapi selalu Bulat, contoh kepuasan konsumen (1,2,3,4,5,6,atau 7 tidak ada 3,5)
Continuous dalam SPSS disebut Scale: bisa Pecahan, contoh: suhu (10,5 derajat celcius)
ada lagi Ordinal variable: yakni Categorical variable tetapi bisa diurutkan nilainya, contoh: Kepuasan Konsumen (setuju, agak setuju, tidak setuju), Pendidikan (SD, SMP, SMA, S1)
* Control variable: yakni independent variable yang dijaga agar nilainya konstan (tidak berubah-ubah)
Experimental variable: yakni independent variable yang diubah-ubah untuk melihat pengaruhnya ke dependent variable
Contoh: pada penelitian pengaruh Penyedap rasa terhadap agresivitas anak. jenis Independent variable I: konsumsi Penyedap Rasa 0 atau 1 sendok/hari (Control Variable), Independent Variable II: konsumsi Penyedap rasa diubah-ubah/ditingkatkan dari 1 sendok, menjadi 2, 3, dst (Experimental variable)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar